Sat. Jul 13th, 2024

Di bulan Juni 2021, bertempat di Swiss belhotel Jayapura, BNPB melalui Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi melakukan kegiatan Pendampingan Petugas Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P) di Provinsi Papua tepatnya pada 15 sampai 18 Juni 2021. CEO Andarinyo Go Earth yang merupakan bagian dari pentaheliks penanggulangan bencana, Dr. Rohny Maail. M.Si juga turut menghadiri dan berpartisipasi sebagai salah satu Narasumber kegiatan ini dan memberikan materi berjudul mitigasi ekosistem atau vegetatif untuk pengurangan risiko bencana di Indonesia, mendapat tanggapan dan respons yang baik dari semua peserta yang hadir saat pelatihan dan sosialisasi tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari ini dihadiri sebanyak 40 orang yang terdiri dari perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua, Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jayapura serta Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura.

Pada akhir kegiatan, Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung S.K.M, M.Kes. berharap bahwa kegiatan pendampingan ini dapat menciptakan sumber daya manusia yang handal dalam menyusun pengkajian kebutuhan serta rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

“Kegiatan ini akan tetap menjadi prioritas nasional yang diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang handal dalam menyusun pengkajian kebutuhan serta rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana,” ujar Johny.

“Mengingat banyaknya bencana yang saat ini melanda Indonesia, diharapkan pemulihan pascabencana dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip build back better, safer and sustainable,” lanjutnya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan diisi dengan pemberian materi, sesi tanya jawab seperti diskusi dan tugas kelompok. Para peserta juga melakukan diskusi interaktif sebagai bentuk knowledge transfer dan ruang bertukar pengalaman serta informasi penting antar daerah.

Materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain penyelenggaraan rehabilitasi dan rekonstruksi, pengkajian kebutuhan pascabencana pada sektor perumahan, infrastruktur, sosial, ekonomi serta lintas sektor, mekanisme penganggaran rehabilitasi dan rekonstruksi, aplikasi E-Proposal dan pencegahan dan kerugian pascabencana Covid-19 yang disampaikan oleh narasumber dari BNPB dan BPBD Provinsi Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.