Sun. Mar 3rd, 2024

G. PENDIRI YAYASAN

Pendiri Yayasan Andarinyo Go Earth (AGE) adalah Dr. Ir. Rohny S. Maail, S.Hut, M.Si, IPU dan Johny Sumbung, SKM, M.Kes.

Dr. Ir. Rohny S. Maail, S.Hut, M.Si, IPU

Dr. Ir. Rohny S. Maail, S.Hut, M.Si, IPU terlahir di Ambon, 24 Oktober 1972 adalah penggagas awal dan pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari Yayasan Andarinyo Go Earth (AGE) yang didirikan pada Tahun 2021. Sejak tahun 1999, melakukan pengabdian sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Universitas Pattimura Ambon dengan menjadi Staf Pengajar (Dosen) pada Minat Teknologi Hasil Hutan, Prodi Ilmu Kehutanan, Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon. Pendidikan di perguruan tinggi untuk tingkat sarjana dimulai di Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon (Lulus 1996), kemudian melanjutkan studi S2 di Sekolah Pasca Sarjana Program Ilmu Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB Bogor) dan selesai pada Tahun 2006, juga afeliasi ke University of Arkansas (UoA) Amerika Serikat. Pendidikan S3 di tempuh pada tahun 2008 di Department of Forestry and Biomaterial Sience, Faculty of Agriculture, Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) – Kyoto University Japan, dan lulus pada tahun 2012.

Berbagai jabatan dalam bidang akademik sudah dijalani dari Ketua Minat Teknologi Hasil Hutan, Sekretaris dan Ketua Jurusan Kehutanan, Kepala HUMAS dan Protokoler Universitas Pattimura, Kepala Pusat Penelitian Hasil Hutan Bukan Kayu UNPATTI, Kepala Laboratorium Penggergajian dan Wood Working, Kepala Kerjasama Ambon Maluku dengan Jepang, Kepala Japan Corner UNPATTI, Staf Ahli Khusus Dinas PUPR Provinsi Maluku, Staf Ahli BNPB Penanganan Dana Siap Pakai (DSP) Bencana Ambon 2019 Provinsi Maluku, Ketua Program Percepatan Tanggap Darurat ke Pemulihan (PTDkP) Maluku, Anggota Majelis Penilai Persatuan Insinyur Indonesia/PII-Badan KejuruanTeknik Kehutanan (BKTHUT), Anggota Tim Satgas Nasional untuk Ibu Kota Negara (Satgas IKN-Hijau) serta Ketua Tim Khusus Pengawasan Percepatan Pembangunan dan Penyelesaian Konflik di Kabupaten Maluku Tengah dll.

Sejumlah penghargaan Nasional maupun Internasional yang diraih antara lain : Gelar Insinyur Pratama Utama (IPU) dari Perhimpunan Insinyur Indonesia (PII) (2018), Satyalencana Karyasatya 20 Tahun Pengabdian (2019), The Young Entrepreneur for Green Economy by UNIDO ITPO Bahrain (2015). Berbagai kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta keterlibatan dalam Seminar, Conference/Syumposium Nasional maupun Internasional telah digeluti sejak 1999 sampai sekarang antara lain dalam bidang keilmuwan Bio-composite Materials atau Wood Composite Materials, Non Wood Forest Product, Wood Science and Technology (Physical, Chemistry and Mechanical), Quality Control Assessment, Forest Management and Bio-energy, Community Forest (Perhutanan Sosial), Insinyur Profesional serta Forest and Wood Engineering.

Johny Sumbung, SKM., M.Kes

Johny Sumbung, SKM, M.Kes terlahir di Ambon, 20 Juni 1964 adalah juga penggagas awal dan pendiri dari Yayasan Andarinyo Go Earth (AGE) yang didirikan pada Tahun 2021. Sejak tahun 1997, melakukan pengabdian sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menjadi Staf Bidang PKPP Kanwil Depkes Prov. Maluku pada Kanwil Depkes Prov.Maluku. Sejak tahun 2008 sampai sekarang menjabat dalam lingkup Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dari mulai Kasubdit Perlindungan dan Pemberdayaan Pengungsi (2008-2014) sampai menjadi Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (2021-sekarang). Pendidikan di perguruan tinggi untuk tingkat sarjana di FKM Universitas Indonesia Jakarta (1992), kemudian melanjutkan studi S2 di IKM Universitas Indonesia Jakarta (2000). Berbagai jabatan telah dijalani dari Staf Bidang PKPP Kanwil Depkes Prov. Maluku, Kepala Sekolah Pembantu Penilik Hygiene Ambon, Principal Technical Officer South East Sulawesi, Kepala BTKL-PPM Kelas II Ambon, Staf Pengajar STIKES Wira Husada Yogyakarta, Kepala Bidang Survailans Epidemiologi, Kasubdit Perlindungan dan Pemberdayaan Pengungsi, Kasubdit Pembersihan Lingkungan, Kasubdit Bantuan Kesehatan dan Air Bersih, Direktur Penanganan Pengungsi, Direktur Kesiapsiagaan, Direktur Mitigasi Bencana serta  Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB.

Sejumlah jabatan keorganisasian Nasional yang digeluti adalah Anggota Bidang Diklat Perkumpulan Tuberkulosis Indonesia / PPTI pada Diklat Perkumpulan Tuberkulosis Indonesia (2004-2009), Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan pada Keluarga Besar Putra Putri POLRI (2010-2020), Pengurus Pusat Bidang Tanggap Bencana pada Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (2017-2020) dan Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan pada Keluarga Besar Putra Putri POLRI (2021-2026).

Berbagai keterlibatan dalam seminar, conference/syumposium Nasional maupun Internasional telah digeluti sejak tahun 2000 sampai sekarang antara lain : Breathing Apparatus di Vico Indonesia Kaltim (2000), APEC Workshop on Damage Assessment Technique (2009), 2nd International DVI Management Course for DVI Province Commander (2010), Disaster Mitigation Measure and Recovery Effort of Damage Infrastructure (2011), Workshop on Disaster Relief And Emergency Response (2014), 6th Maritime Security Desktop Exercise (2015),  2nd Senior Executive Programmed in Disaster Mgt (2016), International Search And Rescue Advisory Group (INSARAG) Asia-Pacific Earthquake Response Exercise (2016), Australia Awards-Short Term Award Offer (2019) dan Emergency Response Training (2020).