Sun. Jul 21st, 2024

Organisasi Pengembangan SDM, Penyelamatan Lingkungan, Kebencanaan & Ekraf-P

Andarinyo : ungkapan/sebutan lain dalam bahasa Ambon/Maluku dari Capung (dalam bahasa Indonesia) yang adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Hidup menyebar luas, di hutan-hutan, kebun, sawah, sungai dan danau, hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan perkotaan. Ditemukan mulai dari tepi pantai hingga ketinggian lebih dari 3.000 mdpl. Walau termasuk kecil tapi cukup gesit dan lincah dalam situasi cuaca apapun, dan berjelajah dari tepi pantai sampai pegunungan. Andarinyo mempunyai suatu keistimewaan, dimana ketika dia hadir di suatu lingkungan atau tempat, maka serangga pembusuk dan pembawa penyakit lainnya seperti lalat dan nyamuk akan menjauh karena getaran ultrasonik yang ditimbulkan dari sayapnya.

Go :  kata kerja (dalam bahasa Inggris) dengan arti pergi, kemana saja dengan tujuan yang luas.

Earth : kata benda (dalam bahasa Inggris) dengan arti bumi yang adalah tempat manusia berpijak dengan tumbuhan dan hewan, atau dimana lingkungan hidup berada dengan segala potensinya, ancaman dan tantangan kerusakan serta bencana alam.

Andarinyo Go Earth, mempunyai arti: Andarinyo (Personal AGE) pergi mengabdi ke seluruh bagian bumi dengan tujuan yang luas untuk pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan penyelamatan bumi dengan segala sumber daya alam-nya (SDA) atau lingkungan hidupnya serta turut berperan dalam memiitigasi dan menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu datang mengancam kehidupan manusia dan lingkungan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.